Profil

Logo AKS Ibu Kartini

Logo AKS Ibu Kartini

Sejarah berdirinya AKS Ibu Kartini Semarang

Akademi Kesejahteraan Sosial (AKS) Ibu Kartini Semarang semula bernama Akademi Kesejahteraan Keluarga Ibu Kartini. Gagasan mendirikan AKS Ibu Kartini diprakarsai oleh Ibu Minarti Indardjo, salah seorang pengurus Yayasan Ibu Kartini yang pada waktu itu beliau juga salah seorang aktivis gerakan PKK di Jawa Tengah.

Sebagai penggerak PKK, beliau selalu menganjurkan kepada masyarakat, terutama para wanita di desa-desa untuk melaksanakan 10 program pokok PKK dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Cara itu ditempuh melalui penyuluhan-penyuluhan dan latihan yang semuanya itu dilakukan oleh kader-kader PKK di semua tingkat kewilayahan. Meskipun kegiatan PKK itu difokuskan untuk wanita-wanita di desa-desa, namun wanita-wanita di perkotaan pun tidak luput dari sentuhan-sentuhan kegiatan PKK. Menyadari bahwa semakin banyak wanita yang membutuhkan kemampuan dan ketrampilan yang pada akhirnya akan menunjang kesejahteraan keluarga, serta melihat perkembangan PKK di Jawa Tengah yang demikian pesat, beliau berpikir bahwa alangkah baiknya apabila kader-kader PKK itu mendapatkan pendidikan formal yang sesuai dengan kegiatan-kegiatan yang selama ini digeluti. Maka beliau bersama-sama dengan Ny. J. Kartini Soejendro, SH dan beberapa pengurus yayasan Ibu Kartini (YIK) berupaya untuk mendirikan perguruan tinggi khusus kewanitaan.

Setelah melalui perjuangan yang panjang dengan berbagai hambatan karena peraturan, sarana dan prasarana penunjang yang belum memadai, maka realisasi dari gagasan mendirikan Akademi Kesejahteraan Keluarga ini sempat tertunda. Baru pada tahun 1984 dengan surat keputusan ketua Yayasan Ibu Kartini No. 112/Sekr. YIK/P.84 dibentuk panitia pendirian Akademi Kesejahteraan Keluarga Ibu Kartini yang terdiri dari:
– Ketua : R. Soetiman Tjokrowerdojo
– Wakil Ketua : Drs. JFR. Soejendro, SH
– Sekretaris : Drs. Siswanto
– Bendahara : Ny. Sri Muslichatun Djunaedi
– Anggota : – Drs. Martono
– Ny. J. Kartini Soejendro, SH
– R. Soetarmo, SH

Dengan ijin operasional tanggal 22 Juni 1984 No. 1634/K/18/Kop.VI/1985 maka berdirilah Akademi Kesejahteraan Keluarga Ibu Kartini Semarang. Jadi secara resmi Akademi Kesejahteraan Keluarga (AKK) Ibu Kartini Semarang berdiri pada tanggal 22 Juni 1984 dibawah naungan Yayasan Ibu Kartini Semarang. Kemudian pada tanggal 31 Juli 1986 berubah Status Terdaftar dengan turunnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0510/0/1986. Dengan turunnya status terdaftar tersebut Akademi Kesejahteraan Keluarga Ibu Kartini Semarang berganti nama menjadi Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu kartini disingkat AKS Ibu Kartini.

Saat ini AKS Ibu Kartini memiliki 3 program studi yaitu :
1. Program Studi Tata Busana
2. Program Studi Tata Boga
3. Program Studi Tata Rias

Ketiga Program Studi tersebut telah terakreditasi B

  • SK BAN-PT No. 031/PT/Akred/Dpl-III/I/2015, tanggal 31 Januari 2015 untuk Program Studi Tata Boga
  • SK BAN-PT No. 087/PT/Akred/Dpl-III/III/2015, tanggal 14 Maret 2015 untuk Program Studi Tata Busana dan Tata Rias

Tata Rias :

Program Studi Tata Rias, kurikulumnya meliputi perawatan kulit wajah, SPA, potong rambut, keriting, pengecatan / pewarnaan, rebonding yang semuanya menggunakan alat modern.
Rias pengantin Solo Putri, Rias Pengantin Barat, Rias Pengantin Yogya, juga diajarkan Rias Pengantin Daerah (gaya Semarang, gaya Sunda, gaya Bali, dll) sehingga apabila mahasiswa telah selesai kuliahnya dapat dengan terampil dan profesional untuk bekerja atau berwirausaha salon ataupun sanggar rias pengantin dan salon kecantikan.

Tata Busana :

Program Studi Tata Busana mempelajari dari cara awal menggambar desain busana, mambuat busana sederhana (busana kerja, busana anak) sampai busana mewah (busana pesta, busana pengantin barat, busana adat, jas pria, blazer dsb). Untuk menambah sempurna hasil desain diberikan mata kuliah bordir, aksesoris, batik, sablon, teknik sulam dan pasang payet.
Pada akhir semester V, mahasiswa membuat acara gelar karya yang tercakup dalam mata kuliah Cipta Busana yaitu menampilkan dari desain busana, merancang bahan, manjahit sampai peragaan.

Tata Boga :

Program Studi Tata Boga mencetak tenaga ahli profesional yang handal dibidang Catering, Bakery, Pastry, Masakan Tradisional Nusantara, Masakan Arab, Korea, Jepang, China dan lain-lain. Juga diberikan keahlian membuat Dekorasi Makanan (tart, sayur, buah, tata hidang, agar selain masakan dengan citarasa yang tinggi juga dapat menyajikan dengan tatanan yang sangat menarik.
Lulusan dari tata boga sangat mudah untuk mencari uang karena bisa membuka usaha sendiri dengan modal yang tidak besar atau dapat bekerja pada industri / jasa boga sebagai ahli masak.

Fasilitas

AKS dilengkapi dengan fasilitas Perpustakaan, Kantin, Parkir, Ruang kuliah, LCD Proyektor, Laboratorium Komputer dan Toilet. Adanya laboratorium / bengkel Tata Busana, Tata Boga, Tata Rias, Kimia Kosmetika, Batik untuk memudahkan mahasiswa mendalami semua segi ketrampilan yang diajarkan.
Peralatan laboratorium yang memadai menjadikan mahasiswa yang handal dan profesional di bidang Tata Busana, Tata Boga maupun Tata Rias.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, dalam operasionalnya AKS Ibu Kartini berdasarkan pada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Prospek

Dengan kemampuan yang handal maka alumninya tersebar di tanah air dengan berwirausaha ataupun bekerja pada Industri, Hotel, Rumah Sakit, Kapal Pesiar, Catering, Bakery, Salon, Sanggar Rias Pengantin, Konsultan Kecantikan, Garment, Butik, Tailor, Modiste, dan lain-lain.

Visi dan Misi

Visi AKS
Menjadikan Akademi pencetak wirausaha yang profesional dan mandiri.

Misi AKS

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, terapan, dan pengabdian masyarakat dalam bidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias dalam mencetak lulusan yang mempunyai kompetensi yang tinggi dibidangnya.
  2. Menyiapkan tenaga pengajar dan pendukung Akademik yang mampu bekerja secara profesional demi tercapainya lulusan yang mandiri.
  3. Mengembangkan penelitian dan pengabdian dibidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias yang sesuai dengan perkembangan.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan masyarakat dan instansi yang membutuhkan.

Tugas AKS

AKS Ibu Kartini Semarang mempunyai tugas :

  • Menyelenggarakan proses belajar mengajar.
  • Menyelengarakan penelitian yang berkaitan dengan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dibidang tata rias, tata busana, dan tata boga.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat.
  • Menyelenggarakan hubungan kerja sama dengan pemerintah, swasta, dunia usaha yang berkaitan dengan usaha penyelenggaraan kegiatan dibidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Fungsi AKS

AKS Ibu Kartini Semarang mempunyai fungsi :

  • Sebagai tempat untuk mengembangkan pengetahuan teknologi yang menyangkut bidang tata rias, tata busana, dan tata boga.
  • Sebagai tempat pendidikan dan pelatihan calon tenaga profesional dibidang tata rias, tata busana, dan tata boga.
  • Sebagai tempat penelitian berbagai disiplin ilmu, teori dan praktek dibidang tata rias, tata busana, dan tata boga.

Tujuan AKS

  • AKS Ibu Kartini bertujuan untuk memajukan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, keahlian profesional dan kemandirian khususnya dibidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias, serta untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sejalan dengan dinamika masyarakat Indonesia dan dunia, dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan melalui wahana Tri Dharma Perguruan Tinggi.

AKS Ibu Kartini berupaya secara sungguh-sungguh untuk :

  1. Menghasilkan lulusan berkemampuan profesional dibidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias, yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral Pancasila.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias, yang mampu bersaing ditingkat Regional, Nasional, maupun Global.
  3. Menghasilkan lulusan yang berkemampuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang berkemampuan menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias, untuk kepentingan masyarakat luas.

STRUKTUR ORGANISASI AKS IBU KARTINI

Direktur Dra. Tri Rettagung Diana, M.Kes.
Pembantu Direktur I Dra. Kurnianingsih, M.Pd.
Pembantu Direktur II Indrarini, S.Pd, M.Pd.
Pembantu Direktur III Dra. Mien Zyahratil Umami, M.Pd.
Ka Prodi Tata Busana Dr. Dra. Dyah Listyarini, S.H., M.H.
Ka Prodi Tata Boga U. Yuyun Triastuti, S.Pd., M.M.Par.
Ka Prodi Tata Rias Dra. Widiati Alifah, M.Si.
Ketua Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Dra. Indarwati Retmono
Ketua Unit Penjaminan Mutu Drs. Edi Suwasana, M.Si
Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan Totok Kusumardiyanto, S.E.
Kepala Biro Administrasi Umum Joko Haryanto, S.E., M.M.
Kepala Unit Produksi Dra. Yenny Sri Handayani
Kepala Perpustakaan Santi Widya, A.Md

Responses

  1. anak saya tuna rungu tahun ini lulus SMK seandainya mau melanjutkan ke AKS IBU KARTINI SEMARANG apakah bisa? terima kasih


%d blogger menyukai ini: